Senin, 02 April 2012

REESE WITHERSPOON; SANG BLONDIE BERAKTING JEMPOLAN

             Aktris ini mampu bermain bagus difilm komedi maupun drama. Lewat film komedi Legally Blonde (2001) aktingnya sangat dikagumi dan dipuji para kritikus, begitu pula difilm Walk the Line (2005) yang merupakan film drama performanya diganjar piala Oscar.
                Laura Jeanne Reese Witherspoon lahir di New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat pada 22 Maret 1976. Reese lahir ditengah keluarga yang akrab dengan dunia medis, ayahnya seorang dokter bedah militer sedangkan ibunya seorang perawat profesional. Sebenarnya ia dipersiapkan oleh keluarganya untuk menjadi seorang tenaga medis namun ternyata nasib menariknya kejalur hiburan. Dimulai ketika umurnya baru 7 tahun wajah cantik Reese membuat ia menjadi seorang model cilik dengan menjadi bintang iklan beberapa produk komersial, lalu diusia 11 tahun Reese berhasil menjadi pemenang pada Ten-State Talent Fair.
                Ketika umurnya masih 14 tahun Reese langsung diajak oleh sutradara Robert Mulligan untuk bermain difilmnya yang berjudul The Man in the Moon (1991), dan ternyata aktingnya sebagai gadis remaja tomboy difilm ini cukup mencuri perhatian. Ditahun 1993 ia kembali tampil dilayar lebar melalui dua film, yaitu; A Far Off Place (1993) dan Jack the Bear (1993). Setamat dari sekolah menengah atas, Reese memutuskan untuk semakin konsentrasi ke dunia akting walaupun saat itu ia telah terdaftar sebagai mahasiswi jurusan bahasa di Stanford University. Nama Reese semakin berkibar sebagai aktris pendatang baru setelah tampil prima difilm Fear (1996) dan Freeway (1996), sekaligus membuka jalan bagi Reese untuk tampil difilm-film yang lebih besar lagi.
                Dari aktris pendatang baru Reese lalu menjelma menjadi aktris papan atas dengan penampilan apiknya difilm-film, seperti; Election (1999), Legally Blonde (2001), Legally Blonde 2: Red, White & Blonde (2003), Walk the Line (2005), dan Rendition (2007). Aktingnya yang paling banyak diacungi jempol ketika ia memerankan istri dari penyanyi country Johnny Cash difilm Walk the Line (2005) dimana ia memenangkan banyak penghargaan termasuk piala Oscar sebagai Best Actress pada ajang Academy Award 2006.
                Mantan istri aktor Ryan Philippe ini semakin kukuh sebagai aktris dengan kemampuan akting yang sangat jempolan. Ditahun 2011 ia telah merilis film terbarunya Water for Elephants (2011) dan saat ini dia tengah disibukkan dengan sejumlah proses syuting proyek film terbarunya.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar