Senin, 02 April 2012

SAM NEILL; MENJELAJAHI DUNIA DENGAN AKTING

              Sam Neill terlahir dengan nama Nigel Neill pada 14 September 1947 di Omagh, Northern Island, UK. Ayahnya seorang perwira angkatan darat, ditahun 1954 Sam dibawa kedua orang tuanya untuk pindah ke New Zealand. Dinegara inilah Sam kemudian tumbuh besar dan berhasil menyelesaikan semua pendidikan formalnya termasuk menamatkan studinya dijurusan sastra Inggris University of Canterburry and Victoria. Sam banyak bergaul dengan orang-orang teater di New Zealand, hal yang kemudian perlahan-lahan menumbuhkan minatnya ke dunia akting. Nama Sam Neill di New Zealand dikenal sebagai seorang sutradara, editor, dan penulis skenario untuk the New Zealand National Film Unit.
                Ditahun 1975 Sam memulai debutnya sebagai aktor dengan tampil di dua film sekaligus, yaitu Landfall dan Ashes. Sam Neill berhasil mencuri perhatian publik New Zealand lewat film Sleeping Dogs (1977). Untuk mengembangkan karirnya sebagai aktor Sam kemudian memutuskan untuk pindah ke Australia, dan dinegara tersebut ia langsung populer melalui film My Briliant Career (1979). Ternyata penampilannya difilm My Briliant Career juga menarik perhatian seorang aktor kawakan Inggris, James Mason, yang kemudian merekomendasikan nama Sam Neill ke jajaran sineas Inggris. Ditahun 1982 Sam menjadi pemeran utama di film The Final Conflict (1981), dan berkat film ini pula namanya semakin populer di Inggris.
                Sam Neill kemudian memutuskan untuk pindah ke Inggris, di negara ini dia tampil memukau disejumlah film, seperti; Enigma (1983), Robbery Under Arms (1985), For Love Alone (1986), The Umbrella Man (1987), dan Leap of Faith (1988). Ia juga tampil sangat prima diserial televisi Inggris Reilly: Ace of Spies (1983) dan berhasil membuatnya masuk kedalam nominasi Golden Globe Awards ditahun 1985. Setelah berhasil memantapkan karir aktingnya di Inggris, Sam kemudian memutuskan untuk kembali ke Australia di akhir era 80-an. Di Australia ia langsung memenangkan AFI Award sebagai Best Actor berkat aktingnya di film Evil Angels (1989).
                Nama Sam Neill juga cukup tenar di pusat perfilman dunia, Hollywood, terutama lewat performanya difilm-film, seperti: Dead Calm (1989), The Hunt for Red October (1990), Death in Brunswick (1991), Memoirs of an Invisible Man (1992), dan The Piano (1993). Karena penampilannya yang selalu memikat dan prima itulah Sam sempat masuk ke dalam nominasi pemeran James Bond ditahun 1987 dan 1995, namun ia dikalahkan oleh Timothy Dalton dan Pierce Brosnan.
                Suami dari penata rias asal Jepang, Noriko Watanabe, ini telah diakui sebagai salah satu aktor kawakan, bahkan ditahun 1993 ia memperoleh gelar kebangsawanan O.B.E dari kerajaan Inggris sebagai bentuk penghargaan atas pengabdiannya dibidang akting. Hingga saat ini Sam Neill masih tetap berada dijalur akting bahkan ia melakukan sejumlah proses syuting berbagai proyek film terbarunya dibeberapa wilayah belahan dunia.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar