Selasa, 21 Juni 2011

ALBERTO SORDI ; AKTOR KOMEDIAN LEGENDARIS ITALIA

Alberto Sordi lahir di kota Roma, Italia, pada 15 Juni 1920. Sordi dibesarkan didalam keluarga yang akrab dengan dunia musik, hal ini dikarenakan ayahnya seorang pemain tuba pada salah satu rumah opera di Roma. Sordi sempat menjadi anggota paduan suara di Sistine Chapel, ia kemudian berlatih teater di Milan namun di Milan dia hanya sebentar karena Sordi menerima tawaran pekerjaan untuk menjadi salah satu pengisi acara komedi radio dan televisi di kota Roma.
            Alberto Sordi mengawali karirnya di dunia perfilman pada akhir dekade tahun 30-an, namun hanya sekedar sebagai figuran. Peran penting pertamanya melalui film The Tree Pilots (1942) namun belum mengangkat namanya, Sordi harus menunggu sekitar sepuluh tahun sebelum namanya cukup dikenal di dunia perfilmman melalui perannya dalam film besutan sutradara Federico Fellini yang berjudul The White Sheik (1952) lalu disusul film I Vitelloni (1953). Alberto Sordi sempat meraih Golden Globes Award sebagai aktor komedi terbaik melalui film Il Diavolo (1963) pada tahun 1964.
            Setelah malang melintang di dunia perfilman dengan catatan film sebanyak 190 film (sebagai pemain, sutradara, maupun penulis skenario) akhirnya Alberto Sordi memutuskan untuk pensiun pada tahun 2002. Setahun kemudian salah satu aktor paling berharga dan berbakat Italia ini wafat, tepatnya pada 25 Februari 2003, di Roma, Italia, kampung halamannya sendiri. Hingga akhir hayatnya Sordi tidak pernah menikah, walaupun dia lama menjalin hubungan dengan aktris Andreina Pagnani (satu-satunya wanita yang diketahui khalayak umum sebagai teman dekat/kekasihnya), aktor besar ini memang terkenal tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar