Rabu, 22 Juni 2011

ART CARTNEY : SUKSES DI TELEVISI SUKSES DI LAYAR LEBAR

Arthur William Matthew Carney atau lebih dikenal dengan nama Art Cartney dilahirkan di Mount Vernon, New York, Amerika Serikat pada 11 April 1918. Bakat aktingnya tumbuh secara alami dan dia belajar secara otodidak tanpa pernah mengikuti kelas ataupun kursus akting. Art Cartney sempat memenangkan kontes bakat di daerah kelahirannya pada saat bersekolah di A.B. Davis High School (setingkat SMU) pada tahun 1936.  
                                Karirnya di dunia seni peran dimulai pada dengan menjadi pengisi suara pada serial radio yang bertajuk Gangsbuster pada dekade tahun 30-an. Serial tersebut cukup sukses dan membuat namanya cukup terkenal sebagai pengisi suara handal, Cartney kemudian turut menyumbangkan suaranya dalam beberapa serial radio termasuk ikut menjadi bagian dalam serial radio yang berjudul Pot’O Gold. Melalui serial radio inilah kemudian Art Cartney memasuki dunia film, ditandai ketika serial Pot’O Gold difilmkan pada tahun 1941.
                Perang dunia kedua membuat Art Cartney harus meninggalkan dunia peran karena masuk milisi, ia memperkuat pasukan infantri dan ditugaskan di Perancis. Dalam sebuah pertempuran Cartney tertembak dikakinya dan harus menjalani perawatan di rumah sakit selama sembilan bulan, akibat luka tersebut Cartney harus berjalan dengah kaki palsu seumur hidupnya.
                Art Cartney kembali ke dunia film pada tahun 1948 melalui serial televisi The Morey Amsterdam Show,  semenjak itulah nama Art Catney berkibar di tengah masyarakat setelah mengisi banyak serial televisi, diantaranya ; The Victor Bolge Show, Cavalcade of Stars, Studio One in Hollywood, The Honeymooners, dan The Jackie Gleeson Show. Bahkan melalui serial The Jackie Gleeson Show Cartney berkali-kali masuk nominasi dan memenangkan Emmy Awards.
                Tahun 1974 Art Cartney menerima tawaran bermain di film komedi sentimental berjudul Harry And Tonto, dalam film tersebut dia harus memerankan karakter yang jauh lebih muda usianya dari usia Cartney sebenarnya. Saat itu Art Cartney berusia 72 tahun sementara karakter yang dia perankan berusia 55 tahun. Film tersebut cukup sukses baik secara kualitas maupun komersial, bahkan akting Cartney menuai banyak pujian dan penghargaan, bahkan dua penghargaan bergengsi, yaitu piala Oscar (Aktor terbaik) dan Golden Globe (Aktor komedi terbaik) berhasil diraihnya pada tahun 1975.
                Setelah membintangi film Last Action Hero pada tahun 1993, Art Cartney memutuskan berhenti dari dunia yang membesarkan namanya ini. Beragam film, baik televisi dan serial televisi maupun layar lebar, telah dibintanginya sejak tahun 1941 dan Art Cartney berhasil meraih berbagai penghargaan atas aktingnya. Art Cartney wafat di Chester, Connecticut, Amerika Serikat pada 9 November 2003. Nama Art Cartney diukir dan diabadikan di Walk of Fame sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian dan dedikasinya di dunia hiburan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar