Rabu, 21 Desember 2011

RICHARD KILEY; TEATER DAN TELEVISI MEMBUATNYA TERKENAL

Richard Paul Kiley atau lebih familiar dengan nama Richard Kiley lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat pada 31 Maret 1922. Sejak remaja ia telah aktif berkecimpung dipanggung-panggung teater Broadway, karena itulah ia salah satu aktor yang memiliki vokal bariton yang kuat. Aktingnya yang dibentuk oleh pementasan teater telah membantunya untuk tampil baik ketika ia mulai memasuki dunia hiburan secara profesional.
                Richard Kiley pertama kali muncul dilayar kaca melalui salah satu episode serial Robert Montgomery Presents (1950), kemudian dilanjutkan dengan beberapa serial lainnya. Ditahun 1951 ia tampil untuk pertama kalinya dilayar lebar lewat film The Mob, setahun kemudian ia berakting kembali difilm berjudul The Sniper (1952) dan Eight Iron Men (1952). Aktingnya cukup memikat dan mampu menarik perhatian banyak sineas, meskipun saat itu Rochard masih lebih sering tampil ditelevisi termasuk salah satunya berakting cukup bagus diserial Danger yang tayang dari tahun 1951 hingga tahun 1953.
                Meskipun ia saat itu sudah sangat disibukkan dengan kegiatan syuting namun ia masih tetap meluangkan waktunya untuk terlibat dalam beberapa pementasan teater di Broadway, hasilnya tidak mengecewakan karena aktingnya cukup mampu menyihir penonton dan para kritikus seni teater. Diera 60-an nama Richard Kiley berkibar sebagai salah satu aktor televisi yang cukup konsisten tampil ditelevisi, film layar lebarnya diera tersebut tercatat hanya satu yaitu Pendulum (1969). Hal tersebut berlangsung hingga era 70-an.
                Ditahun 1981 Richard Kiley bermain bagus difilm Endless Love yang membuat namanya semakin populer sebagai salah satu aktor yang mampu tampil apik baik dilayar televisi maupun dilayar lebar. Aktingnya dilayar televisi diganjar penghargaan Golden Globe Awards ditahun1983 untuk kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Miniseries, or Motion Picture Made for TV lewat miniseri televisi The Thorn Birds (1983), lalu ditahun 1988 untuk kategori Best Performance by an Actor in a TV Series – Drama lewat serial A Year in the Life (1987).
                Aktor yang dua kali menikah ini tetap berada dijalur akting hingga penghujung era 90-an. Ia berakting menarik difilm-film, seperti; Patch Adams (1998), Howard the Duck (1986), dan The Little Prince (1974). Richard Kiley akhirnya tutup usia pada 5 Maret 1999 di New York, Amerika Serikat karena penyakit tulang yang dideritanya.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar