Kamis, 15 Desember 2011

PIERCE BROSNAN; TETAP STABIL PASCA JAMES BOND

                 Selain tenar sebagai agen 007 James Bond melalui 4 seri film James Bond, aktor ini juga tenar sebagai seorang mantan kriminal yang kemudian berbalik arah menjadi seorang detektif swasta dengan metode penanganan kasus yang unik lewat serial televisi Remington Steele. Dialah Pierce Brosnan.
                Pierce Brendan Brosnan lahir di Navan, Co. Meath, Irlandia pada 16 Mei 1953, dia merupakan anak satu-satunya dan sejak kecil sudah tidak lagi mengenal ayahnya karena ayahnya meninggalkan ia dan ibunya. Pierce kemudian mengikuti ibunya pindah ke Inggris, dikota inilah ia mulai bersekolah secara formal dan menemukan ketertarikannya didunia seni peran. Pierce Brosnan mengasah ilmu aktingnya dibawah bimbingan seorang guru akting ternama, Yat Malmgren, yang juga merupakan guru akting aktor kawakan Sean Connery.
                Ditahun 1980 Pierce mengawali debutnya didunia akting lewat sebuah film televisi berjudul Murphy’s Stroke lalu dilanjutkan dengan tampil difilm layar lebar perdananya The Long Good Friday (1980). Selanjutnya Pierce kemudian lebih banyak tampil ditelevisi dengan bermain dibeberapa serial televisi. Nama Pierce Brosnan mulai mencuat setelah tampil apik sebagai pemeran utama disebuah serial televisi berjudul Remington Steele, serial ini begitu populer ditahun 1980-an dan bertahan hingga 6 musim tayang (1981-1987). Ada fakta menarik, ketika memasuki musim keenam Pierce Brosnan ditawari untuk berperan menjadi James Bond diserinya yang berjudul The Living Daylights, namun karena pihak NBC, jaringan televisi yang memproduksi serial Remington Steele, sangat ketat jadwalnya untuk Pierce akhirnya peran James Bond tersebut dialihkan ke aktor Timothy Dalton.
                Selepas dari serial Remington Steele, Pierce mulai memantapkan karirnya dilayar lebar. Terbukti pesonanya dari dunia televisi tidak luntur ketika ia tampil dilayar lebar, Pierce mampu menunjukkan kualitas akting serta performa bintang yang cukup jempolan. Ditahun 1995 Pierce kembali ditawari untuk memerankan agen James Bond untuk seri GoldenEye, dan kali ini tidak ada lagi halangan yang bisa membuat Pierce mendapatkan peran tersebut. Melalui GoldenEye (1995) Pierce resmi menjadi aktor ke 5 yang memerankan karakter tersebut. Ternyata penampilannya sebagai agen playboy inggris tersebut tidak mengecewakan dan membuat posisinya tidak tergeser ditiga seri berikutnya, yaitu; Tomorrow Never Dies (1997), The World Is Not Enough (1999), dan Die Another Day (2002).
                Pierce Brosnan berhenti memerankan James Bond setelah pihak produser merasa perlu untuk mencari bintang baru untuk menjadi agen 007 tersebut. Meskipun begitu, pesona dan performa Pierce difilm tidak langsung habis, terbukti ia mampu tampil apik dan lepas dari bayang-bayang James Bond difilm-film yang dibintanginya, antara lain; Laws of Attraction (2004), The Matador (2005), Mamma Mia! (2008), The Greatest (2009), dan The Ghost Writer (2010).
                Pierce Brosnan sempat lama menjalani kehidupan menduda setelah kematian istrinya yang juga seorang aktris, Cassandra Harris, ditahun 1991. Ia baru menikah kembali ditahun 2001 dengan Keely Shaye Smith. Pierce dari pernikahan sebelumnya sudah memiliki 3 orang anak dan dari pernikahan terbarunya ini ia mendapatkan dua orang anak. Karir Pierce didunia seni peran hingga saat ini masih tetap stabil dan ia juga telah disibukkan dengan proses penyelesaian beberapa proyek film terbarunya.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar