Rabu, 07 September 2011

GERARD BUTLER; DARI CALON PENGACARA MENJADI AKTOR TERKENAL

                 Bagi yang sudah pernah menonton film 300 (2006) pasti sangat terkesan dengan pemeran Leonidas, sang raja Spartan, yang begitu kuat dan pantang menyerah. Aktor yang memerankan tokoh tersebut adalah Gerard Butler.
                Terlahir dengan nama Gerard James Butler di Paisley, Scotland, Inggris pada 13 November 1969, Gerard Butler pada awalnya tidak memiliki niat untuk masuk ke dunia akting karena dia lebih tertarik menjadi seorang pengacara, karena itulah setelah lulus dari sekolah menengah dia kemudian masuk kejurusan hukum Glasgow University.
                Persentuhannya dengan dunia akting dimulai ketika suatu ketika secara tak sengaja dia bertemu dengan aktor Steven Berkoff disebuah kafe yang kemudian mengajaknya tampil disebuah lakon teater. Dari panggung teater inilah Gerard Butler menemukan bakat terpendamnya hingga kemudian memutuskan meninggalkan kuliahnya di Glasgow University dan fokus berakting. Ditahun 1997, Gerard berhasil lolos kasting untuk menjadi pemeran adik Billy Connoly difilm Mrs. Brown (1997) yang juga merupakan debut aktingnya dilayar lebar. Ada kejadian unik saat syuting film ini diSkotlandia, Gerard diberikan penghargaan oleh the Royal Humane Society karena menyelamatkan seorang anak saat tenggelam disungai Tay.
                Langkahnya didunia perfilman dilanjutkan dengan turut membintangi film-film seperti; Tomorrow Never Dies (1997), Tales of the Mummy (1998), The Cherry Orchard (1999), dan Dracula 2000 (2000). Melalui film Dracula 200 lah namanya mulai banyak dilirik sutradara dan produser ternama, hal ini juga yang membuatnya mendapatkan peran utama sebagai Attila dalam miniseri berjudul Attila (2001) lalu setahun kemudian dia kembali mendapatkan peran yang cukup penting difilm Reign of Fire (2002), Lara Croft Tomb Rider: The Cradle of Life (2003), The Phantom of the Opera (2004), dan Beowulf & Grendel (2005). Khusus untuk film The Phantom of the Opera, aktingnya difilm ini membuat Satellite Awards memasukkan namanya sebagai salah satu nominator untuk kategori Best Actor in a Motion Picture Comedy or Musical pada tahun 2005.
                Ditahun 2006 dia berhasil mengalahkan sejumlah kandidat untuk pemeran Leonidas difilm 300, film inilah yang kemudian semakin menunjukkan potensi kebintangan Gerard Butler, tak urung penampilannya menuai sejumlah pujian dan penghargaan. Aktingnya yang semakin matang dan semakin baik membuat namanya menjadi salah satu aktor pilihan para movie maker, bahkan namanya sempat masuk sebagai kandidat mengganti Pierce Brosnan untuk memerankan James Bond. Terakhir Gerard Butler tampil difilm Corolianus (2011), dan saat ini dia masih sibuk menyelesaikan beberapa proyek film terbarunya.               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar