Rabu, 07 September 2011

GLORIA GRAHAME; MANTAN SIMBOL HOLLYWOOD

            Gloria Hallward atau kelak terkenal dengan nama Gloria Grahame lahir di Los Angeles, California, pada 28 November 1923. Gloria besar dikeluarga yang sudah akrab dengan seni peran, Ibunya merupakan seorang aktris yang kemudian menjadi guru aktingnya. Sejak usia dini hingga remaja Gloria telah beberapa kali tampil dipanggung-panggung teater, hingga suatu ketika ditahun 1944 penampilannya disebuah pertunjukan teater ditonton langsung oleh chief studio MGM, Louis B. Mayer, yang kemudian memberinya kontrak eksklusif dengan studio MGM. Gloria kemudian mengganti nama artisnya menjadi Gloria Grahame, dan mendapatkan peran utama pertamanya difilm berjudul Blonde Fever (1944).
                Ditahun 1946 nama Gloria menjadi semakin populer setelah penampilan apiknya difilm It’s a Wonderful Life. Aktingnya sebagai Violet, wanita penggoda, berhasil menarik perhatian para moviegers dan movie maker. Sayangnya pihak MGM kemudian merasa profil Gloria tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pihak studio, sehingga pihak MGM kemudian menjual kontraknya ke studio RKO.
                Melalui studio RKO Gloria kemudian membintangi film-film seperti; It Happened in Brooklyn (1947), Song of the Thin Man (1947), hingga kemudian mendapatkan nominasi oscar pertamanya lewat film Crossfire (1947). Ditahun 1952 setelah namanya agak sedikit kurang bergaung, Gloria kembali mencuri perhatian lewat film The Greatest Show on Earth, dan akhirnya memenangkan oscar untuk kategori aktris pendukung terbaik lewat film The Bad and the Beautiful (1952). Dekade tahun 50-an Gloria menjadi salah satu aktris terpopuler dengan aktingnya yang memikat. Memasuki dekade 60-an Gloria lebih banyak mengisi episode serial televisi, karirnya sedikit meredup seiring dengan skandal pernikahannya dengan Anthony Ray yang merupakan anak kandung dari mantan suami keduanya Nicholas Ray pada tahun 1960, hal tersebut membuatnya sedikit dijauhi oleh para movie maker, baru pada tahun 1966 Gloria mendapatkan peran difilm layar lebar berjudul Ride Beyond Vengeance namun belum mampu mengembalikan popularitasnya.
                Gloria masih sempat bermain difilm The Todd Killing (1971), The Loners (1972), Mama’s Dirty Girl (1974), Melvin and Howard (1980), dan The Nesting (1984) serta beberapa film televisi, dan film-film “kelas B”. Gloria Grahame belum bisa menunjukkan kualitas aktingnya dilevel tertinggi lagi, dia lebih banyak bermain dipertunjukan panggung. Gloria Grahame akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di kota New York pada 5 Oktober 1981 akibat kanker perut. Publik Hollywood tetap mengenang salah satu mantan simbol kecantikan Hollywood ini, dan namanya diabadikan di Walk of Fame sebagai bentuk penghargaan atas segala pencapaiannya terlepas dari skandal yang menimpanya.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar