Rabu, 14 September 2011

JACLYN SMITH; ANGELS YANG PANTANG MENYERAH

             Nama Jaclyn Smith tidak bisa dilepaskan dari serial televisi terkenal Charlie’s Angels (1976-1981), dia merupakan salah satu bintang serial tersebut dan juga merupakan satu-satunya aktris pemeran Charlie’s Angels yang tetap bertahan diserial tersebut hingga musim tayangnya berakhir.
                Jaclyn Smith terlahir dengan nama Jaclyn Ellen Smith pada 26 Oktober 1965 di Houston, Texas, Amerika Serikat. Sejak kecil dia sudah bercita-cita menjadi seorang penari ballet profesional sehingga dia sudah mengikuti kursus-kursus ballet sejak kecil hingga usia remaja. Selepas sekolah menengah kecantikannya menarik perhatian beberapa rumah model sehingga dia kemudian masuk kedalam dunia modelling, dia juga melanjutkan kuliahnya di Trinity University jurusan drama. Ditahun 1969 keaktifan Jaclyn didunia modelling menariknya masuk kedunia akting dengan menjadi figuran dan pemeran pendukung pada episode-episode serial televisi dan film-film televisi.
                Jaclyn Smith dikontrak eksklusif oleh merek shampoo Breck untuk menjadi modelnya pada tahun 1973, yang kemudian menjadi sebuah pintu masuk baginya menuju ke kesuksesan yang lebih besar. Profilnya sebagai model shampoo tersebut membuat Jaclyn mendapatkan kesempatan untuk mengikuti audisi peran pada sebuah proyek serial televisi, dan keberuntungan berpihak kepadanya karena dia terpilih menjadi salah satu pemeran utama wanita diserial tersebut. Selain Jaclyn Smith terpilih pula Kate Jackson dan Farah Fawcett, mereka bertiga menjadi pemeran awal serial televisi yang kelak menjadi salah satu serial televisi legendaris. Serial televisi tersebut berjudul Charlie’s Angels dan mulai ditayangkan ditahun 1976 hingga tahun 1981.
                Setelah memperkuat Serial Charlie’s Angels hingga musim terakhirnya, Jaclyn Smith tetap berada dijalur televisi dengan membintangi banyak film-film televisi, seperti; Jacqueline Bouvier Kennedy (1981), Rage of Angels (1983), The Night They Saved Christmas (1984), dan Deja Vu (1985). Jaclyn juga sempat masuk menjadi nominator Best Performance by an Actress in a Mini-Series or Motion Pictures Made for Tv pada ajang Golden Globes Awards 1982 lewat film Jacqueline Bouvier Kennedy.
                Ditahun 2002 Jaclyn divonis terkena kanker payudara, namun dia membuktikan bahwa dia mampu bertahan dan melawan kanker tersebut. Dia masih mampu tampil prima dibeberapa penampilannya walaupun peran yang didapatkannya bukan peran-peran yang besar, beberapa penampilannya ditahun 2000-an, antara lain : serial televisi The District (2002-2004), film televisi Ordinary Miracles (2005),  serta beberapa episode serial televisi. Jaclyn yang telah menikah 4 kali dan terakhir menikah dengan Brad Allen akan tetap dikenang sebagai aktris yang memiliki komitmen, kemauan keras, dan juga kharismatik.
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar