Kamis, 15 September 2011

HUGH O’BRIAN; AKTOR DAN AKTIVIS SOSIAL

                     Hugh O’Brian yang bernama asli Hugh Charles Krampe dilahirkan pada 19 April 1923, di Rochester, New York, Amerika Serikat.  Pada awalnya dia tidak ada rencana untuk menjadi seorang aktor, Hugh yang memiliki bakat dibidang olahraga lebih berpikiran untuk menjadi seorang atlit. Sayangnya Hugh tidak bisa memanfaatkan beasiswa yang didapatkannya di University of Cincinatti karena terganjal kasus hukum sehingga dia harus drop-out ditahun 1942, Hugh kemudian bergabung dikorps marinir selama empat tahun dan sempat ikut bertempur dalam perang dunia kedua.
                Secara tak sengaja karena Hugh belum mempunyai pekerjaan tetap saat itu, akhirnya dia bergabung dengan sebuah grup teater yang kemudian memperkenalkannya kedunia akting. Hugh yang pertama kali menjejakkan kakinya didunia film dengan menjadi figuran difilm Kidnapped (1948) kemudian secara perlahan membangun citra dan imejnya, hal ini membuahkan hasil karena wajahnya dianggap cukup komersial sehingga Universal Studios memberinya kontrak singkat. Hugh O’Brian mulai banyak dikenal melalui film-film action standard produksi Universal Studios, seperti; Red Ball Express (1952), Son of Ali Baba (1952), dan Seminole (1953). Bahkan Hugh O’Brian dianugerahi penghargaan The Most Promising New Actor oleh Golden Globes Awards pada tahun 1954 berkat penampilannya difilm The Man from The Alamo (1953). Sayangnya sikap Hugh dinilai oleh pihak Universal Studios sangat sulit untuk dikontrol, sehingga kontrak untuk Hugh O’Brian tidak diperpanjang.
                Setelah meninggalkan Universal Studios ditahun 1954, Hugh kemudian menjadi aktor freelance dengan membintangi beberapa film walaupun hasilnya belum mampu menyamai pencapaiannya saat masih di Universal Studios. Ditahun 1955 Hugh O’Brian menjadi pemeran utama diserial televisi berjudul The Life and Legend of Wyatt Earp, ternyata serial ini cukup sukses sehingga nama Hugh O’Brian pun semakin populer, bahkan performa aktingnya di serial ini membuatnya masuk nominasi Emmy Awards pada tahun 1957. Serial The Life and Legend Wyatt Earp sendiri bertahan dari tahun 1955 hingga tahun 1961.
                Selepas dari serial tersebut Hugh lebih banyak tampil sebagai bintang tamu pada serial-serial televisi dan berakting dipanggung teater Broadway. Hugh juga masih bermain difilm-film layar lebar, bahkan sempat bermain dengan aktor laga legendaris, Bruce Lee, difilm Game of Death (1978) dan beradu akting dengan Arnold Schwarzenegger difilm Twins (1988).
                Aktor yang baru menikah ditahun 2006 setelah sekian lama melajang ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial terutama yang berhubungan dengan dunia olahraga. Bahkan melalui yayasan Hugh O’Brian Youth Leadership yang didirikannya sejak tahun 1958, dia kemudian mengembangkan program pembinaan generasi muda dinegara-negara Afrika. Kegiatannya ini banyak mendapatkan apresiasi positif dari para aktivis sosial.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar