Senin, 10 Oktober 2011

JACK PALANCE; MANTAN PETINJU DENGAN METODE AKTING UNIK

                Jack Palance merupakan seorang aktor legendaris yang memiliki metode akting yang unik serta mampu menampilkan mimik wajah yang berbeda secara natural sesuai dengan karakter peran yang dimainkannya.
                Terlahir dengan nama Volodymyr Palanyuk di Lattimer Mines, Pennsylvania, Amerika Serikat pada 18 Februari 1919. Nama aslinya merupakan simbol bahwa dia masih memiliki darah Ukrania. Besar dilingkungan pertambangan tidak membuat Jack memiliki minat didunia tambang, sejak duduk disekolah menengah dia sudah memiliki hasrat besar untuk keluar dari lingkungan tempat tinggalnya. Akhirnya dia mendapat beasiswa ke University of North Carolina karena keunggulannya dibidang olahraga, namun sayang studinya di universitas tersebut tidak sampai tuntas yang membuat Jack memulai peruntungannya menjadi petinju profesional kelas berat. Dengan menggunakan nama tanding Jack Brazzo, dia mulai meniti karir tinjunya dan hasilnya tidak mengecewakan, Jack memiliki rekor yang sangat bagus. Sayangnya dia harus berhenti dari dunia tinju karena dia harus mengikuti wajib militer dan ikut dalam perang dunia kedua.
                Setelah perang dunia kedua berakhir, Jack sudah tidak berminat lagi melanjutkan karir tinjunya, Jack kemudian bekerja sebagai seorang wartawan olahraga dan penyiar radio sambil kuliah jurnalistik di Stanford University. Hingga suatu saat Jack, yang kemudian menggunakan kata Palance dibelakang kata Jack, tampil dipanggung teater. Jack menemukan hasratnya yang lain yaitu berakting dan dia mampu menampilkan performa akting yang baik dipanggung teater sehingga The Theatre World Awards memberinya penghargaan sebagai Promising New Personality, prestasi yang membuat 20th Century Fox mengontraknya.
                Dibawah 20th Century Fox, Jack kemudian memulai karir perfilmannya dimulai dengan debut penampilannya difilm Panic in the Street (1950). Aktingnya difilm ini banyak dipuji, Jack kemudian tampil difilm Halls of Montezuma (1950) dan difilm ini Jack menunjukkan kebolehannya dalam bertinju. Pada filmnya yang ketiga, Sudden Fear (1952), Jack berhasil masuk kedalam nominasi Academy Awards untuk pertama kalinya namun sayang keberuntungan belum berpihak kepadanya.
                Jack Palance kembali masuk kedalam nominasi Academy Awards lewat film Shane (1953) namun masih gagal meraih Oscar. Jack harus menunggu selama hampir 38 tahun untuk memenangkan Oscar, dia baru bisa memperoleh penghargaan tersebut lewat penampilannya difilm City Slickers (1991). Jack membintangi berbagai genre film dan menyuguhkan akting yang memikat sekaligus mengesankan dengan metode akting yang unik, beberapa film yang dibintangi Jack Palance, antara lain; The Lonely Man (1957), The Man Inside (1958), The Professionals (1966), The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde (1968), Craze (1974), Diamante Lobo (1975), Batman (1989), Solar Crisis (1990), dan Treasure Island (2000).
                Jack Palance meninggal di California, Amerika Serikat, pada 10 November 2006 dalam usia 84 tahun.            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar