Kamis, 21 Juli 2011

ANNABETH GISH ; AKTING YANG MENCURI PERHATIAN

               Selain performa akting David Duchovny dan Gillian Anderson banyak dipuji lewat serial The X Files, ada beberapa nama juga yang aktingnya cukup memikat dan mendapat sambutan positif, salah satunya adalah Annabeth Gish.
                Anne Elizabeth Gish atau lebih dikenal dengan nama Annabeth Gish lahir di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat pada tanggal 13 Maret 1971. Walaupun nama belakangnya Gish, namun Annabeth tidak ada hubungan kekeluargaan dengan aktris legendaris zaman film bisu, Lilian Gish, maupun aktris veteran, Dorothy Gish. Annabeth Gish dibesarkan didalam keluarga yang mapan secara akademis, tidak heran karena ayahnya adalah seorang Professor di bidang sastra inggris, Annbeth sendiri memegang gelar BA dari salah satu universitas terkemuka di Inggris.
                Annabeth Gish sudah mulai berakting didepan kamera sejak tahun 1986, namun aktingnya baru mendapat sorotan setelah membintangi film Mystic Pizza (1988). Berkat film tersebutlah Annbeth Gish sempat masuk kedalam  daftar artis muda yang memiliki potensi bintang, setahun kemudian dia ikut bermain di film berjudul When He’s Not a Stranger dan kembali dia menuai pujian atas kualitas aktingnya.
                Menjelang dewasa Annabeth lebih banyak berkarir di dunia pertelevisian, walaupun dia masih sempat ikut bermain dibeberapa produksi film layar lebar, sebut saja; Wyatt Earp (1994) dan Nixon (1995) . Annabeth Gish merupakan salah satu artis yang menonjol aktingnya di serial The X Files, walaupun perannya bukanlah peran utama namun performa aktingnya cukup memukau di serial tersebut, selama dua tahun dari 2001 hingga 2002 Annabeth Gish telah bermain sebanyak 28 episode dan lewat serial inilah Annabeth Gish masuk kedalam nominasi Saturn Award untuk kategori Best Supporting Actress in a Television Series, ditahun 2002.
                Selain serial The X Files, Annabeth Gish ikut pula membintangi serial The West Wing (2003), Brotherhood (2006), maupun yang terbaru Pretty Little Liars (2011). Annabeth Gish telah menancapkan namanya diranah perfilman Hollywood sebagai salah satu artis yang memiliki kualitas akting yang sangat baik.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar