Kamis, 03 November 2011

NANCY OLSON; MANTAN IDOLA YANG MENCOBA BANGKIT

             Nancy Olson merupakan salah satu aktris yang wajah cantiknya sempat menghiasi industri perfilman diera 50-an dan 60-an. Nancy juga masih sempat mempertahankan eksistensinya didunia akting hingga era 90-an.
                Nancy Olson lahir di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat pada 14 Juli 1928. Keluarga Nancy tergolong keluarga akademisi hal yang kemudian membuatnya masuk ke University of California (UCLA) dengan mudah. Di UCLA inilah nama Nancy mulai populer dikalangan mahasiswa saat itu sebagai salah satu mahasiswi tercantik, dan kecantikannya ini membawanya berkenalan dengan seorang agen dari Paramount Studios. Sang agen kemudian merekomendasikannya ke Paramount Studios untuk segera mengontraknya, dan ditahun 1948 Nancy tampil difilm perdananya yang berjudul Portrait of Jeannie.
                Setahun kemudian Nancy mendapatkan peran utama pertamanya lewat film Canadian Express (1949), meskipun Nancy tergolong masih awam soal akting namun ternyata pesonanya mampu menghipnotis penonton terbukti film tersebut cukup sukses kala itu. Nancy kembali tampil menawan difilm selanjutnya yaitu Sunset Blvd (1950) beradu akting dengan William Holden dan Gloria Swanson, akting Nancy difilm ini diganjar nominasi Oscar oleh Academy Awards untuk kategori Best Supporting Actress ditahun 1951.
                Setelah melahirkan anak hasil dari pernikahannya dengan Alan Jay Lerner yang seorang penulis, Nancy agak sedikit meninggalkan dunia akting untuk merawat anaknya. Hal itu berdampak pada karirnya yang perlahan menurun. Bahkan setelah ia bercerai dengan Alan Jay Lerner ditahun 1957 ia tak bisa lagi memperbaiki karirnya karena wajahnya dianggap sudah terlalu dewasa dan tidak cocok lagi memerankan gadis-gadis muda seperti peran-perannya terdahulu. Karirnya agak sedikit terselamatkan setelah tampil apik difilm The AbsentMinded Professor (1961) dan Son of Flubber (1963) namun secara umum ia sudah jauh dari kesuksesannya sebelumnya.
                Nancy Olson tampil sebagai cameo difilm komedi sukses ditahun 1997 yang berjudul Flubber, film yang dibintangi oleh Robin Williams dan merupakan remake dari film Nancy ditahun 1963 yaitu Son of Flubber. Penampilan tersebut merupakan penampilan terakhir Nancy dilayar lebar, namun ada rumor bahwa ia akan tampil kembali ditahun 2011 lewat sebuah film yang sedang dipersiapkannya.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar