Selasa, 08 November 2011

PAIGE TURCO; MANTAN BALLERINA YANG BERSINAR DITELEVISI

            Paige Turco terlahir dengan nama Jean Paige Turco di Springfiels, Massachusetts, Amerika Serikat pada 17 Mei 1965. Sejak kecil Paige telah bercita-cita untuk menjadi seorang ballerina profesional, bahkan ia sempat tampil solo menari balet di New England Dance Conservatory, The Amherst Ballet Theatre Company, dan the Western Massachusetts Ballet Company. Diusia 14 tahun terpaksa ia melupakan cita-citanya untuk menjadi seorang ballerina karena kakinya mengalami cedera yang serius, pada saat itulah dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke University of Connecticut jurusan drama.
                Ditahun 1987 Paige berhasil lolos audisi untuk memerankan karakter Dinah Morgan Marler di sebuah serial opera sabun berjudul The Guiding Light, Paige bermain diserial tersebut hingga tahun 1989. Aktingnya di The Guiding Light cukup baik sehingga lepas dari serial tersebut Paige langsung ditawari untuk kembali membintangi sebuah serial televisi berjudul All My Children, diserial ini Paige tampil hingga tahun 1991 sebelum akhirnya ia memutuskan untuk meninggalkan opera sabun dan mencoba peruntungannya dilayar lebar.
                Paige mengawali debutnya dilayar lebar dengan berperan sebagai reporter cantik sahabat kura-kura ninja difilm Teenage Mutant Ninja Turtles II: The Secret of the Ooze (1991), lalu dilanjutkan lagi dengan seri selanjutnya dari film kura-kura ninja yang berjudul Teenage Mutant Ninja Turtles III (1993). Karir Paige didunia layar lebar cukup baik walaupun film-film yang dibintanginya belum masuk kategori sukses dipasaran, namun akting dan penampilannya stabil sehingga banyak sineas yang mengajaknya tampil. Beberapa film yang dibintangi Paige, antara lain; Dead Funny (1994), The Pompatus of Love (1995), The Feminine Touch (1996), Dark Tides (1998), dan Urbania (2000). Paige sempat kembali ke televisi dengan membintangi serial televisi, seperti; American Gothic (1995-1996), NYPD Blue (1996-1997), Party of Five (1997-1998), The Agency (2001-2003), dan Big Shots (2007-2008). Khusus untuk serial The Agency, nama Paige Turco cukup populer setelah tampil menawan diserial ini dan diserial ini pula ia bertemu dengan aktor Jason O’Mara yang kemudian menjadi suaminya.
                Saat ini Paige sedang menyelesaikan sebuah serial televisi berjudul To Appomatox (2011) sambil menyiapkan beberapa proyek film terbarunya.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar