Senin, 10 Oktober 2011

JANE POWELL; AKTRIS BERTALENTA NAMUN KARIR FILM SINGKAT

                Jane Powell merupakan salah satu aktris spesialis drama musikal sekaligus penyanyi tenar diera 40 dan 50-an, walaupun karir filmnya tidak begitu panjang.
                Bernama asli Suzanne Lorraine Burce, Jane dilahirkan di Portland, Oregon, Amerika Serikat pada 1 April 1929. Jane sudah mulai tampil menyanyi ketika usianya baru menjelang 13 tahun, Jane memperdengarkan suaranya distasiun radio lokal. Suara soprannya ternyata menarik perhatian banyak orang, termasuk beberapa pegiat teater, Jane kemudian diajak untuk tampil dipentas teater drama musikal. Bakatnya yang besar dibidang tarik suara membuat studio MGM tertarik untuk mengorbitkannya menjadi bintang film.
                Jane memulai debut filmnya ketika usianya hampir 15 tahun melalui film Song of the Open Road (1944), nama karakter yang diperankannya, Jane Powell, resmi menjadi nama artisnya. Film tersebut langsung mempopulerkan nama Jane Powell, setahun kemudian dia kembali berakting lewat film Delightfully Dangerous (1945) yang lagi-lagi mengangkat pamornya sebagai artis muda berbakat. Sepanjang dekade 40-an dan 50-an, sahabat karib Elizabeth Taylor ini menjadi salah satu aktris tenar dengan spesialisasi film musikal, beberapa filmnya yang cukup mengangkat namanya antara lain; A Date with Judy (1948), Royal Wedding (1951), Three Sailors and a Girl (1953), Seven Brides for Seven Brothers (1954), dan Hit the Deck (1955).
                Menjelang akhir tahun 50-an, film-film musikal mulai mengalami penurunan pamor dan hal itu berimbas pada karir Jane Powell. Studio MGM kemudian bermaksud memutus kontrak Jane, namun Jane memilih pergi sebelum hal itu terjadi. Jane kemudian pindah ke wilayah negara-negara bagian Amerika Serikat di pantai timur dan melanjutkan karirnya disana dengan tampil dibeberapa pertunjukan musikal. Jane juga masih sempat tampil ditelevisi, masih menjadi bintang iklan, bahkan syuting film-film untuk kapasitas video. Karirnya dibidang perfilman tidak bisa sesukses dulu lagi, namun sebagai aktris untuk panggung musikal pamornya masih cukup diakui.
Jane Powell yang sudah 5 kali menikah saat ini tenang menjalani kehidupan masa tuanya di Connecticut bersama suami terakhirnya yang merupakan mantan artis cilik, Dickie Moore.      
                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar