Jumat, 21 Oktober 2011

KEVIN SPACEY; AKTOR WATAK SEJUTA KARAKTER

Kevin Spacey dikenal sebagai salah satu aktor dengan spesialisasi karakter antagonis atau karakter dengan permasalahan mental. Performa akting Kevin saat memerankan karakter tersebut sangat dipuji dan banyak mendapatkan apresiasi positif baik dari para kritikus maupun dari penonton film.
                Aktor yang memiliki nama asli Kevin Spacey Fowler ini dilahirkan di South Orange, New Jersey, Amerika Serikat pada 26 Juli 1959. Kevin kecil belum menyadari bahwa didalam dirinya terpendam bakat akting yang sangat besar, karena tumbuh didalam keluarga yang cukup mapan Kevin kemudian diarahkan kedua orang tuanya untuk masuk Northridge Military Academy hal ini juga disebabkan karena Kevin kecil sangat nakal dan susah diatur, namun disekolah militer tersebut Kevin Cuma bertahan selama beberapa bulan. Kevin dikeluarkan karena memukul kepala seorang teman sekelasnya dengan ban.
                Kevin kemudian melanjutkan pendidikannya ke Chartsworth High School di San Fernando, disekolah inilah dia bertemu dengan Mare Winningham dan Val Kilmer yang kemudian mengajaknya bergabung ke kelompok teater sekolah. Kevin Spacey akhirnya menemukan bakatnya yang besar dibidang akting setelah mendapatkan apresiasi positif untuk penampilannya yang mengesankan dibeberapa pertunjukan teater lokal. Setelah menamatkan pendidikannya dia kemudian memutuskan untuk fokus ke dunia akting dengan pindah ke Los Angeles dan bergabung di kelompok teater setempat sambil kuliah di Julliard, walaupun kuliahnya tidak pernah dia selesaikan. Diawal tahun 80-an Kevin sudah mulai unjuk kebolehan akting dipanggung Broadway dimana namanya mulai dikenal sebagai aktor teater yang potensial.
                Karir film Kevin dimulai dengan tampil sebagai pencuri difilm Heartburn (1981), selanjutnya dia tampil ditelevisi dan mendapatkan perhatian setelah berperan sebagai penjahat diserial Wiseguy (1988). Kemudian dia ikut bermain difilm Rocket Gibraltar (1988) dan Working Girl (1988). Karakter peran spesialisasinya sebagai aktor watak dan antagonis didapatkannya melalui penampilannya sebagai manajer sinis di Glengarry Glenn Ross (1991), si sadis di Swimming with Sharks (1994), maupun sebagai saksi mata yang misterius dan mengerikan difilm The Usual Suspect (1995). Untuk film The Usual Suspect, penampilan Kevin difilm ini diganjar dengan piala oscar sebagai aktor pendukung terbaik pada perhelatan Academy Awards 1996.  
                Penampilan Kevin semakin banyak dikagumi dengan karakter-karakter yang dibawakannnya dan membuatnya menjadi salah satu aktor watak yang banyak ditunggu penampilannya oleh para moviegers. Beragam karakter pun telah dicobanya dan ternyata mendapatkan beragam pujian dan penghargaan, seperti; Se7en (1995), Midnight in the Garden of Good and Evil (1997), American Beauty (1999), Beyond the Sea (2004), maupun Superman Returns (2006). Ditahun 2000 Kevin berhasil meraih piala oscar keduanya lewat film American Beauty sebagai aktor terbaik.
                Selain sebagai aktor, Kevin juga menjajal kemampuannya dibidang penyutradaraan. Debut penyutradaraannya lewat film Albino Alligator (1996) dan hasilnya disambut baik oleh para moviegers walaupun tidak terlalu sukses dipasaran. Nama Kevin Spacey hingga saat ini masih menjadi jaminan mutu untuk sebuah performa akting, dan penampilannya sangat layak untuk terus dinantikan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar