Senin, 10 Oktober 2011

JASON O’MARA; BESAR DITEATER, MATANG DITELEVISI

JASON O’MARA; BESAR DITEATER, MATANG DITELEVISI
                Jason O’Mara dikenal sebagai salah satu aktor asal Irlandia yang memiliki kemampuan akting yang cukup mengagumkan, hal ini dikarenakan dia dididik secara otodidak didalam lingkungan teater sejak usia remaja.
                Lahir di Dublin, Irlandia pada 6 Agustus 1962, Jason O’Mara memiliki gelar BA dari Trinity College Dublin dalam bidang Drama and Theatre. Setelah menamatkan pendidikan tinggi, Jason kemudian pindah ke London, Inggris untuk lebih berkonsentrasi ke dunia akting. Di London Jason banyak tampil dipanggung-panggung teater bersama kelompok-kelompok teater ternama di London, diantaranya The Royal Shakespeare Company, The Almeida Theater, maupun The Gate Theater. Secara bersamaan Jason masih pulang balik dari London ke Dublin, di Dublin ia tampil dilayar lebar maupun layar televisi. Jason pertama kali tampil melalui sebuah film pendek berjudul Summertime (1995), kemudian Jason ikut bermain dibeberapa episode serial televisi, semacam; Soldier Soldier (1996), Peak Practice (1998), maupun Berkeley Square (1998). Meskipun harus bolak balik antara Dublin dan London, namun Jason masih sanggup menjaga performa aktingnya baik dipanggung teater maupun didepan kamera terbukti ia masuk nominasi the Irish Theater Awards lewat performanya dipanggung teater, pada tahun 2002.
                Jason O’Mara hijrah ke Hollywood ditahun 2002, pengalaman aktingnya di Inggris dan Irlandia ternyata menarik perhatian sutradara kawakan Steven Spielberg, ia kemudian diajak Steven untuk tampil diserial televisi yang diproduseri Steven. Serial tersebut adalah Band of Brothers (2001), meskipun dia hanya tampil sebanyak 2 episode namun aktingnya mampu mengangkat pamornya dimata beberapa movie maker ternama. Selepas tampil difilm televisi berjudul Eastwick (2002), Jason menerima tawaran untuk menjadi salah satu pemeran utama diserial The Agency (2002-2003), Jason tampil sejak musim kedua. Diserial inilah jason bertemu dengan Paige Turco, yang juga salah satu pemain, Paige Turco kemudian menjadi istrinya.
                Jason O’Mara lebih banyak bermain diserial televisi dan film televisi, untuk film layar lebar sendiri Jason belum mendapat kesempatan. Film layar lebar Jason hanya Resident Evil: Extinction (2007). Namun kapasitas dan kemampuan aktingnya tidak bisa dianggap enteng, serial-serial semacam Life on Mars (2007), In Justice (2006), dan beberapa serial lainnya merupakan pembuktian Jason atas hal tersebut.        
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar