Sabtu, 22 Oktober 2011

LESLIE NIELSEN; AKTOR KOMEDI TELEVISI DAN LAYAR LEBAR

Leslie Nielsen merupakan salah satu aktor komedi terbaik yang pernah meramaikan industri perfilman. Aksi kocaknya sangat mencuri perhatian dan membuat namanya menjadi salah satu ikon dalam film-film komedi terutama diera 90-an.
                Leslie William Nielsen dilahirkan pada 11 Februari 1926 di Regina, Saskatchewan, Kanada. Leslie dibesarkan didalam keluarga yang sangat berdisiplin, sehingga Leslie sering harus membohongi orang tuanya untuk menghindari hukuman akibat pelanggaran yang dibuatnya. Dari sinilah awalnya Leslie mulai mengolah kemampuannya untuk berakting, yang saat itu digunakannya untuk mengelabui orang tuanya. Ketika umurnya baru menginjak 17 Leslie bergabung dengan Royal Canadian Air Force dan mendapatkan pelatihan sebagai aerial gunner.
                Leslie kemudian pindah ke Amerika Serikat untuk mencari kehidupan yang lebih baik juga dalam mengembangkan bakat akting yang telah disadarinya sejak kecil. Debutnya dilayar televisi dimulai dengan tampil serial Actor’s Studio (1950), setelah malang melintang membintangi sejumlah serial televisi Leslie kemudian mendapatkan peran difilm Ransom! (1956) yang juga merupakan film pertamanya. Nama Leslie semakin banyak dikenal setelah membintangi serial The New Breed (1961-1962), walaupun serial ini hanya bertahan satu musim saja namun perannya sebagai Lt. Price Adams banyak disukai penonton.
                Leslie semakin diakui bakat akting komedinya dan peran-peran yang dibawakannya semakin banyak menuai apresiasi positif baik dari para kritikus film maupun dari penonton. Baik ditelevisi maupun dilayar lebar Leslie mampu menyuguhkan performa akting yang prima, ditelevisi Leslie tampil diserial-serial televisi seperti; Peyton Place (1965), Dr. Kildare (1965), Disneyland (1959-1967), The Bold Ones: The Protector (1969-1970), dan Bracken’s World (1970). Sedangkan penampilannya dilayar lebar bisa dilihat lewat film-film, antara lain; The Resurrection of Zachary Wheeler (1971), The Poseidon Adventure (1972), Grand Jury (1976), Viva Knievel! (1977), dan City on Fire (1979).
                Leslie Nielsen masih mampu mempertahankan karirnya didunia akting hingga era 2000-an, film layar lebar terakhir yang diluncurkannya adalah Spanish Movie (2009). Aktor yang sempat menikah dengan 4 orang wanita ini akhirnya harus menyerah pada kondisi kesehatannya dan pada 28 November 2010 Leslie menghembuskan nafas terakhirnya akibat pneumonia yang telah diidapnya bertahun-tahun.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar