Selasa, 25 Oktober 2011

LOUIS GOSSET Jr.; AKTOR AFRIKA-AMERIKA YANG BERAKTING PRIMA

                  Louis Gosset Jr merupakan salah satu aktor kulit hitam (Afrika-Amerika) yang memiliki kualitas akting menonjol dan mampu menembus dominasi aktor-aktor berkulit putih di Hollywood. Bukti atas pengakuan kualitas aktingnya dengan penganugerahan piala oscar oleh Academy Awards pada tahun 1983 lewat film An Officer and a Gentleman (1982).
                Louis Cameron Gosset Jr dilahirkan di Brooklyn, New York, Amerika Serikat pada 27 Mei 1936. Sejak usia 17 tahun dia sudah malang melintang didunia teater dan menekuni akting secara profesional, karirnya sempat terhenti setelah ia menerima beasiswa dalam bidang olahraga basket di NYU dan menerima undangan untuk masa percobaan di New York Knicks. Louis kemudian memutuskan untuk kembali kedunia akting setelah merasa bidangnya bukan diolahraga.
                Ditahun 1958 Louis memulai debut penampilannya di televisi melalui salah satu episode serial televisi The Big Story, dua tahun kemudian dia bermain di film perdananya sebuah film produksi Broadway berjudul A Raisin in the Sun (1961). Setelah tampil lebih banyak ditelevisi Louis kemudian tampil lagi di film berjudul The Bushbaby (1969) lalu dilanjutkan lagi dengan beberapa film seperti; The Landlord (1970), Skin Game (1971), Travels with My Aunt (1972), The Laughing Policeman (1973), dan The White Dawn (1974) namun belum mengangkat namanya. Nama Louis baru mulai banyak dilirik setelah tampil prima disebuah miniseri berjudul Roots (1977), dimana ia berhasil menyabet piala Emmy dalam kategori Outstanding Lead Actor for a Single Appearance in a Drama and Comedy Series. Puncak prestasinya adalah ketika perannya sebagai pelatih militer yang tegas dan bijak difilm An Officer and a Gentleman (1982) membuatnya meraih piala oscar sebagai Best Supporting Actor pada ajang Academy Awards 1983.
                Akting Louis semakin matang dan membuatnya masuk kedalam jajaran elit aktor-aktor Hollywood. Beberapa filmnya yang menyajikan akting primanya, antara lain; Finders Keepers (1984), Iron Eagle (1986), The Punisher (1989), Monolith (1993), dan Legend of the Mummy (1998). Louis Gosset Jr masih tetap eksis didunia akting hingga saat ini, dan akting dari aktor yang telah tiga kali menikah ini masih tetap terjaga. Ditahun 2011 ini Louis telah merilis film terbarunya yang berjudul The Lamp (2011).       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar