Rabu, 12 Oktober 2011

LANA TURNER; SANG LEGENDA YANG PENUH CERITA

Kecantikannya telah mewarnai dunia perfilman selama beberapa dekade, kulitas aktingnya pun selalu menjadi jaminan akan kesuksesan film yang dibintanginya. Sayangnya kehidupan pribadinya terlalu banyak skandal dan kasus yang agak sedikit memudarkan pesonanya. Dialah Lana Turner, salah satu simbol seks Hollywood era 40 hingga 50-an.
                Terlahir dengan nama Julian Jean Mildred Francis Turner di Wallace, Idaho pada 8 Februari 1920 (sebagian mengatakan tahun 1921 !). Lana tumbuh dari keluarga yang kurang lengkap karena ayahnya tewas terbunuh ketika ia masih kecil, kemudian Lana dan keluarganya pindah ke California untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Lana Turner memasuki masa remaja dengan pesona kecantikan yang mulai terlihat, hal itulah yang menjadi modal baginya untuk meraih kejayaannya kelak. Dengan kecantikannya itulah Lana Turner berhasil mengawali debutnya sebagai artis ketika usianya baru 17 tahun setelah turut berperan difilm They Won’t Forget (1937) lalu diikuti film The Great Garrick dan A Star Is Born ditahun yang sama.
                Nama Lana Turner mulai banyak dikenal setelah bermain difilm Love Finds Andy Hardy (1938). Kecantikannya yang alami berhasil merebut simpati banyak penonton sekaligus menasbihkan Lana sebagai salah satu artis pendatang baru, karirnya terus melesat dengan membintangi film-film sukses kala itu seperti; Dr. Jekyll and Mr. Hyde (1941), Somewhere I’ll Find You (1942), Slightly Dangerous (1943), Marriage Is a Private Affair (1944), dan The Postman Always Ring Twice (1946). Memasuki dekade 50-an Lana Turner telah menjelma menjadi seorang artis idola bahkan menjadi salah satu aktris dengan bayaran termahal kala itu, kualitas aktingnya pun semakin baik termasuk aktingnya difilm Peyton Place (1957) yang membuat Academy Awards mengganjarnya dengan nominasi Aktris Terbaik ditahun 1958.
                Karir Lana sedikit meredup setelah kasus penikaman yang dilakukan oleh putri dari pernikahan keduanya, Cheryl Crane, terhadap pacarnya saat itu yang juga seorang anggota geng, Johnny Stompanato, ditahun 1958. Kasus ini menjadi incaran pers dan memberikan banyak pengaruh negatif bagi karir Lana, namun tidak membuat Lana putus asa. Lana Turner kembali berakting setelah kasus yang menimpanya lewat film Imitation of Life (1959).
                Lana Turner masih tetap berkarir hingga dekade 90-an, Lana terakhir kali bermain lewat film Thwarted (1991). Lana juga masih sempat memperlihatkan sisa-sisa kemegahan aktingnya lewat serial Falcon Crest (1982-1983). Aktris yang menikah sampai 8 kali ini akhirnya harus meninggalkan kemasyhurannya setelah menghembuskan nafas terakhir pada 25 Juni 1995 akibat penyakit kanker yang dideritanya.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar