Sabtu, 22 Oktober 2011

LORETTA YOUNG; AKTRIS LEGENDARIS DENGAN AKTING PRIMA

             Aktris ini boleh disebut sebagai salah satu legenda ranah perfilman Hollywood, kecantikan alaminya sangat membius para penikmat film diera 40-an hingga 60-an. Loretta Young juga merupakan salah satu aktris pemenang piala oscar.
                Terlahir dengan nama Gretchen Michaela Young di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat pada 6 Januari 1913. Ketika usianya baru tiga tahun kedua orang tuanya bercerai, ia dan kedua kakaknya kemudian mengikuti ibunya yang pindah ke kota California. Young kecil sudah tampil menjadi figuran difilm The Primrose Ring (1917) dan dilanjutkan dengan film Sirens of the Sea (1917), Young kecil bisa tampil dibeberapa film ketika usianya masih dini lebih banyak dikarenakan bantuan dari adik tiri ibunya yang merupakan seorang asisten sutradara.
                Ketika usianya sudah memasuki usia remaja, Young semakin yakin untuk fokus ke dunia akting sehingga dengan kerja kerasnya dia tak butuh waktu lama untuk memperkenalkan namanya ke studio-studio film Hollywood kala itu. Loretta Young mulai mencuri perhatian lewat film The Magnificient Flirt (1928), lalu ditahun yang sama dia tampil apik difilm The Head Man. Aktris yang pernah diadopsi oleh artis Mae Murray ini semakin mengukuhkan dirinya sebagai aktris populer Hollywood kala itu melalui film-film, seperti; The Girl in the Glass Cage (1929), Road to Paradise (1930), The Right of Way (1931), They Call It Sin (1932), dan Midnight Mary (1933).
                Penampilan Loretta Young diganjar piala oscar lewat film The Farmer’s Daughter (1947) sebagai aktris terbaik pada perhelatan Academy Awards 1948, tiga tahun kemudian ia masuk lagi dalam nominasi oscar aktris terbaik lewat film Come to the Stable (1950) namun ia dikalahkan oleh penampilan Olivia de Havilland. Loretta Young tampil terakhir kali difilm layar lebar melalui film It Happens Every Thursday (1953) sebelum ia kemudian beralih ke dunia televisi dengan menjadi bintang utama diserial Letter to Loretta atau kemudian lebih dikenal dengan judul The Loretta Young Show. The Loretta Young Show cukup sukses dan ditayangkan ditelevisi dari tahun 1953-1961 dan membuat Loretta Young masuk kedalam nominasi Emmy Awards berturut-turut dari tahun 1954 hingga 1961 dan tiga diantaranya berhasil dia menangkan.
                Ditahun 1962 ia meluncurkan serial berjudul The New Loretta Young Show namun sayang serial ini tidak begitu sukses sehingga dihentikan setelah satu musim tayang. Loretta Young kemudian vakum selama hampir 24 tahun, dan kemudian muncul kembali ditelevisi ditahun 1986 walaupun tak mampu lagi mengembalikan kesuksesannya. Loretta Young sempat menikah tiga kali dan memiliki hubungan tidak resmi dengan aktor Clark Gable hingga ia melahirkan seorang anak ditahun 1935. Loretta Young wafat akibat kanker ovarium pada 12 Agustus 2000 di Los Angeles, California.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar