Jumat, 21 Oktober 2011

KEITH DAVID; KEKUATAN EKSPRESI DAN SUARA ADALAH MODALNYA

               Keith David Williams atau lebih dikenal dengan nama Keith David lahir pada 4 Juni 1956 di Harlem, New York, Amerika Serikat. Sejak kecil dia sudah menempa bakat aktingnya dengan tampil bersama grup teater disekitar tempat tinggal dan sekolahnya, karena itu pulalah dia sudah memutuskan untuk menjadi seorang aktor sejak usianya masih sangat muda. Untuk memperdalam kemampuannya, Keith kemudian melanjutkan pendidikannya ke Julliard dan berhasil lulus.
                Keith David kemudian menjajal kemampuannya dengan tampil dibeberapa pementasan teater di Broadway, Keith juga mencoba peruntungannya didunia film dengan mengikuti beberapa audisi dan kasting. Keith tampil difilm perdananya berjudul Disco Godfather (1979), walaupun sebatas figuran, Keith mendapatkan perhatian luas setelah berperan sebagai King difilm perang arahan Oliver Stone, Platoon (1986), sekaligus membuka jalan baginya untuk mendapatkan peran-peran yang lebih besar. Selanjutnya Keith tampil difilm-film, antara lain; Hot Pursuit (1987), Bird (1988), Road House (1989), Marked for Death (1990), dan Final Analisis (1993).
                Nama Keith David semakin banyak dikenal berkat penampilannya yang memukau serta aktingnya yang cukup mumpuni dalam setiap peran yang dibawakannya. Hal inilah yang kemudian membuatnya memiliki banyak kesempatan untuk tampil difilm-film yang bermutu, walaupun porsi perannya masih sebatas peran pendukung, namun hal itu tidak membuat kualitas aktingnya tertahan. Keith David juga mampu menjadi seorang narator yang baik, terbukti lewat film-film semi dokumenter The War (2008) dan Unforgiveble Blackness: The Rise and Fall of Jack Johnson (2004) yang membawanya meraih penghargaan dari Emmy Awards. Kemampuannya dalam mengolah ekspresi suara juga membuat Keith ikut mengisi suara dibeberapa film animasi, termasuk film Coraline (2009) dan The Princess and the Frog (2009) dimana lewat kedua film tersebut Keith masuk nominasi Black Reel Awards dalam kategori Best Voice Performance ditahun 2010.
                Aktor kawakan ini telah menyelesaikan beberapa proyek film terbarunya yang siap dirilis, filmnya yang baru saja dirilis berjudul Hopelessly in June (2011) dan penampilannya difilm tersebut cukup membuktikan kualitas aktingnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar